Kosta Rika Akan Jadi Pelampiasan Spanyol

Vicente del Bosque waspadai Kosta Rika/Getty ImagesSAN JOSE – Usai menelan kekalahan 0-1 dari Inggris di London, Spanyol harus terbang jauh melewati Samudera Atlantik untuk berhadapan dengan Kosta Rika dalam laga uji coba di San Jose. Sekalipun didera kelelahan tapi pelatih Spanyol, Vicente del Bosque menyatakan kekalahan akhir pekan lalu akan melecut skuadnya bermain untuk menang.

“Tentu saja kami favorit tapi kami tahu bahwa dengan organisasi permainan dan semangat juang, mereka bisa membuat kami kesulitan mengingat jurang pemisah di antara tim-tim kini semakin mengecil,” kata del Bosque dikutip dari Goal, Selasa (15/11/2011).

Dilihat dari peringkat FIFA, Kosta Rika bukanlah lawan sepadan bagi Spanyol. Kosta Rika kini menempati peringkat 62 dunia dan jauh di bawah Spanyol yang menduduki peringkat pertama. Namun, del Bosque tetap mewaspadai tim asal Karibia tersebut.

“Kami punya pengalaman untuk mengetahui bahwa sepakbola selalu menghasilkan banyak perdebatan. Kosta Rika merupakan tim yang bagus dan saya memperkirakan laga akan berjalan sulit dan kompetitif,” kata del Bosque.

Kekalahan 0-1 dari Inggris merupakan kekalahan keempat bagi Juara Eropa dan Dunia tersebut dari 15 laga terakhir. Uniknya, semua kekalahan tersebut terjadi di laga uji coba, yakni 1-4 dari Argentina, 0-4 dari Portugal, dan 1-2 dari Italia.

“Kami telah menganalisis apa yang terjadi. Kami selalu menguasai permainan dan mengontrol bola. Saya pikir kami berusaha dengan baik dan kami tidak seharusnya panic. Kami telah berjuang sekuat tenaga oleh karenanya kami tetap tenang,” kata del Bosque.