Tips Belajar Efektif


Waktu Belajar yang Tepat
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk belajar. Disamping karena badan masih segar, otak biasanya akan lebih mudah untuk mengingat saat pagi hari. Gunakan waktu pagi ini untuk belajar hal yang baru, kemudian gunakan sisa waktu terakhir untuk mengulang pelajaran.
Suasana Belajar Yang Nyaman
Suasana hati dan tempat nyaman juga sangat berpengaruh untuk belajar. Tempat yang tenang dan nyaman bisa sangat cocok untuk belajar bagi beberapa orang, sedangkan bagi orang lain, belajar sambil mendenganrkan lagu bisa membuat belajar menjadi lebih fun. Kenali diri Anda, termasuk tipe manakah Anda, apakah belajar di tempat tenang atau ditemani alunan musik. Selain itu, belajar sambil melihat pemandangan juga bisa membuat belajar lebih menyenangkan.
Pengembangan Materi Yang Sudah di Pelajari
Setelah kita belajar, dan mencoba untuk menjawab soal-soal latihan, cobalah untuk membuat pertanyaan sendiri. Pertanyaan serupa yang lebih sulit atau pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan tetapi belum ada di soal latihan, kemudian coba untuk menjawabnya sendiri. Dengan cara seperti ini kita menjadi terbiasa berpikir kritis.
Sadur Pokok-Pokok Pelajaran
Catatan yang panjang kadang kala bisa membuat kita malas untuk membacanya. Supaya lebih efektif, catat pokok-pokok pelajarannya, ambil kesimpulan dari setiap pelajaran. Hal ini berguna saat mengulang pelajaran.
Membaca Adalah Kunci Belajar
Bacalah materi baru minimal dua kali sehari, yaitu sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh pengajar supaya bisa mudah paham. Otak kita akan menyimpan materi yang baru tersebut lebih lama karena kita sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali.
Tidak Hanya Menghapal Tapi Memahami
Salah satu tujuan kita belajar adalah memahami suatu materi. Kita bisa hapal semua detail pelajaran, tapi yang paling penting adalah memahami materi tersebut. Usahakan untuk memahami dulu garis besar materinya sebelum menghapalkan.
Hapalkan Kata-Kata Kunci
Buatlah kata-kata kunci untuk memudahkan Anda dalam menghapal. Apabila kata-kata kunci tersebut bisa dibuat singkatan, gunakanlah hal itu untuk membantu memudahkan Anda dalam mengingat. Misalnya nama-nama planet: MERVEBU MARYUSA URANEPLU merupakan singkatan dari nama-nama sembilan planet pada tatasurya kita (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto).
Melatih Sendiri Kemampuan Kita
Soal-soal latihan juga bisa membuat belajar kita semakin efektif. Dengan mengerjakan soal-soal latihan, kita bisa melatih kemampuan kita pada suatu materi yang sudah dipelajari. Cobalah untuk menjawab soal-soal latihan tersebut, dan cocokkan dengan kunci jawabannya, atau jika ada pembahasannya, pelajari juga pembahasan tersebut.
Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar yang efektif adalah belajar yang tidak terlalu lama dan juga tidak terburu-buru. Jika sudah merasa lelah, jangan lupa untuk istirahat. Setiap 30-45 menit, istirahatkan otak Anda selama 10-15 menit. Selain itu, belajarlah secara teratur, belajar rutin selama 1 jam dalam sehari lebih baik daripada belajar 3 jam sekali seminggu.