Mengganti Wajah Banyak Orang Dengan Satu Wajah

Photoshop memang merupakan aplikasi editing foto yang sangat lengkap. Banyak para desainer foto menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto lebih menarik. Tips trik dan tutorial photoshop juga sering dicari oleh banyak orang, baik itu sebagai panduan untuk melatih kreativitas desain maupun hanya untuk sekedar iseng-iseng saja. hehe Kali ini saya akan memberikan salah satu tutorial yang bisa Anda coba untuk sekedar melatih kreativitas dalam penggunaan Photoshop, tentunya untuk para newbie (seperti saya). Tutorial kali ini akan membahas Cara Mengganti Wajah Banyak Orang dengan Satu Wajah. Sebagai contoh gini nih, ada 5 orang dalam sebuah foto, lalu semua wajah dari kelima orang tersebut akan diganti oleh satu wajah. hehe

Tutorial Photoshop Cara Mengganti Wajah Banyak Orang dengan Satu Wajah :

Langkah 1 : 
Buka Photoshop, lalu Open [Ctrl+O] gambar yang akan di edit

mengganti wajah banyak orang
Langkah 2 :
Lihat Layer, jika terkunci maka klik 2x pada layer tersebut lalu Klik OK
Langkah 3 :
Seleksi wajah yang akan di manipulasi. Gunakan Polygonal Lasso Tool untuk menyeleksi wajah
mengganti wajah banyak orang
Langkah 4 :
Jika sudah di seleksi, lalu tekan Copy dengan cara menekan [Ctrl+C] lalu Paste saja dengan menekan [Ctrl+P], maka akan dibuat layer baru yang berisi wajah yang tadi telah di seleksi.
Langkah 5 :
Tempatkan pada Layer 1 lalu tarik gambar wajah yang tadi telah di copy, ke wajah yang akan di ganti / timpa. Gunakan Move Tool untuk menggeser wajah ke arah wajah yang lain.
Langkah 6 :
Lihat hasilnya sejenak, kini dua orang yang berbeda sudah memiliki wajah yang sama :D
mengganti wajah banyak orang
Langkah 7 :
Sekarang Paste lagi dengan menekan [Ctrl+P], maka akan ada Layer baru lagi. Ulangi langkah di atas, dengan menggeser wajah ke wajah orang yang akan di ganti / timpa.
Langkah 8 :
Saya akan mengganti wajah orang yang memakai baju merah. Karena ada tangan yang menghalangi daerah sekitar wajah, maka kita harus menghapus sebagian dari wajah yang telah di copy. Caranya adalah dengan menghilangkan dulu "gambar mata" pada Layer 2, kemudian seleksi tangan pada daerah sekitar wajah.
Langkah 9 :
Jika sudah di seleksi, lalu tekan DEL pada keyboard untuk menghapusnya. Kemudian munculkan lagi "gambar mata" pada Layer 2. Lihat hasilnya kini :
mengganti wajah banyak orang
Langkah 10 :
Sekarang Paste lagi gambar wajah yang tadi di copy dengan menekan [Ctrl+P] maka akan ada layer baru lagi. Seperti biasa pindahkan wajah Layer 3 ke daerah wajah orang yang lainnya.
Langkah 11 :
Saya akan mengganti wajah orang yang memakai jaket coklat. Karena posisi kepalanya sedikit miring, maka wajah pun harus di sesuaikan. Untuk menyesuaikannya klik [Ctrl+T] lalu putar gambar wajah dan sesuaikan dengan leher agar terlihat menyatu. Jika sudah, tekan ENTER.
Langkah 12 :
Kembali lagi Paste gambar dengan menekan [Ctrl+P] lalu geser ke arah orang yang akan di ganti wajahnya.
mengganti wajah banyak orang
Langkah 13 :
Saya akan mengganti wajah orang yang memakai baju hijau. Sesuaikan posisi wajah dengan menggunakan [Ctrl+T]. Karena dia memakai topi, maka kita harus menyesuaikannya agar topi yang ia kenakan juga bisa terlihat dikenakan oleh wajah yang tadi di Copy. Caranya adalah dengan menghilangkah dulu "gambar mata" pada layer 4 dan menyeleksi bagian topi dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool
Langkah 14 :
Kemudian munculkan lagi "gambar mata" pada Layer 4 dan tekan DELETE pada keyboard.
Langkah 15 :
Karena masih ada bagian yang belum terhilangkan, maka tinggal anda seleksi bagian yang perlu dihilangkan lalu tekan DELETE.
Langkah 16 :
Masih ada bagian yang belum terhilangkan seperti telinga, maka tinggal Anda seleksi bagian telinga. Setelah di seleksi, gunakan Clone Stamp Tool lalu tekan ALT dan Klik pada daerah aspal. Kemudian klik pada daerah yang tadi di seleksi sehingga gambar telinga tadinya ditimpa oleh gambar aspal.
Langkah 17 :
Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi. Save gambar dengan format JPG dan berikut hasilnya :
mengganti wajah banyak orang
Sebenarnya tutorial ini tergantung dari foto yang akan di edit, semakin banyak objek yang akan diganti wajahnya maka semakin banyak pula cara yang harus di lakukan, begitupun sebaliknya.
Selamat Mencoba ! :)