Bentrok dengan Olimpiade, Emirates Cup 2012 Batal

Ivan Gazidis.(foto:Daylife)LONDON - Arsenal dipastikan batal menggelar turnamen pra musim Emirates Cup di 2012. Ajang pemanasan pra musim itu tidak bisa digelar karena bentrok dengan Olimpiade 2012 di London.

Menurut laporan klub yang disitat Supersport, Rabu (7/12/2011), klub membuat keputusan setelah melakukan konsultasi dengan sejumlah stakeholder dan akhirnya membatalkan turnamen itu.

“Setelah konsultasi dengan berbagai pihak di London, klub menerima bahwa turnamen Emirates Cup tidak bisa digelar selama periode di mana Olimpiade dilangsungkan,” demikian pernyataan Arsenal.

Seperti diketahui, Olimpiade 2012 akan dilangsungkan di sejumlah venue di London antara 27 Juli hingga 12 Agustus.Dan sesuai agenda musim 2012-2013, Emirates Cup hanya bisa digelar dalam rentang waktu tersebut. Hal ini membuat Chief Executif Arsenal Ivan Gazidis kecewa namun dia mengaku bisa memahami situasinya.

“Meskipun kami kecewa tidak bisa memanggungkan Emirates Cup 2012, kami sepenuhnya memahami situasinya. Lebih dari 100 ribu orang menonton langsung laga Emirates Cup setiap tahun sejak kami perkenalkan pada 2007, dan ini bisa menambah kebutuhan infrastruktur di London selama Olimpiade. Tentu kami sudah mempersiapkan Emirates Cup bisa digelar di 2012, tapi kami menghormati situasi dan seperti semua orang, kami memberikan dukungan kesuksesan Olimpiade London 2012,” papar Gazidis.

Gazidis berharap Arsenal tetap bisa menggelar turnamen itu di 2013 dan mereka akan mulai menggali opsi-opsi untuk tur pra musim di musim panas nanti.

“Kami merencanakan membawa tiga klub besar ke Stadion Emirates untuk 2013. Setelah sukses dalam tur Timur Jauh kami Juli 2011 kami mencari sejumlah opsi. Jadwal memang padat tapi kami berharap bisa mengkonfirmasikan rencana kami secepatnya,” tutupnya.

Dari lima kali turnamen, Arsenal meraih tiga kali juara, yaitu pada 2007, 2009,2010. Di edisi terakhir 2011 lalu, trofi jatuh ke tangan klub Amerika Serikat yang diperkuat mantan pilar Arsenal, Thierry Henry, New York Red Bull.The Gunners sendiri harus puas di posisi ketiga.