Guardiola Puji Punggawa Muda Barcelona

Josep Guardiola terkesan dengan penampilan tanpa beban dari para pemain muda Barcelona/Getty ImagesBARCELONA – Senyum Josep Guardiola tak bisa hilang dari wajahnya menyaksikan para pemain muda Barcelona bermain begitu lepas dan mengesankan ketika mengalahkan BATE 4-0. Delapan dari 11 starting XI Barcelona dalam laga tersebut merupakan pemain-pemain Barcelona B.

“Saya katakan pada mereka untuk pergi ke lapangan dan bersenang-senang. Mereka melakukan hal tersebut dan tidak takut sama sekali,” kata Guardiola seperti dikutip dari Europapress.es, Rabu (7/12/2011).

Kemenangan yang semakin mengukuhkan hegemoni La Masia sebagai pabrik penghasil pemain-pemain muda terbaik di dunia. Belum lagi Lionel Messi, Pedro, dan Thiago Alcantara memasuki pertengahan usia 20-an, sudah muncul lagi Isaac Cuenca, Martin Montoya, Jonathan dos Santos, Andreu Fontas, Marc Bartra, Sergi Roberto, dan Rafinha Alcantara—adik dari Thiago.

“Tidak mudak memasukkan enam atau delapan pemain dari tim lapis kedua ke dalam skuad dan bermain begini bagus. Penting bagi kami untuk seberapa kapabel mereka mampu bermain dan apakah mereka siap ketika kami membutuhkan mereka,” tandas Guardiola.