Platini Sesalkan Penyataan Buffon

Gianluigi Buffon saat menepis keluar bola dari Manturi. (Foto: daylife)NYON – Pernyataan dari kiper Juventus, Gianluigi Buffon, terkait dianulirnya gol Sulley Muntari ke gawangnya terus mendapat banyak kecaman. Kali ini giliran Presiden UEFA, Michel Platini yang mengatakan bila dirinya cukup kecewa dengan komentar Buffon.

Dua tim yang memiliki kans besar meraih gelar Scudetto yaitu, Juventus dan AC Milan telah bentrok, pekan kemarin. Sayang, laga yang harus berakhir 1-1 tersebut harus meninggalkan banyak masalah bagi kedua tim.

Namun, yang menjadi sorotan adalah komentar Buffon terkait dianulirnya gol Muntari oleh wasit. Padahal, dalam rekaman televisi terlihat sangat jelas bila bola telah melewati garis gawang yang dikawal oleh Buffon itu.

Buffon sendiri mengelak dengan menyatakan bila dirinya hanya fokus pada bola dan tidak memperhatikan garis gawang. Bahkan, memberikan pernyataan yang mengatakan tidak akan memberi tahu kepada wasit seandainya ia tahu bola tersebut telah masuk ke gawangnya.

Sayang, belaan Buffon malah menuai banyak kecaman dari berbagai pihak yang menilai dirinya tidak sportivitas. Hingga, Platini turut angkat bicara akan komentar kapten timnas Italia tersebut. Platini menilai pernyataan Buffon sudah keterlaluan.

“Buffon telah melakukan hal yang berlebihan dengan kata-katanya. Semestinya, tidak perlu ada ketegangan yang terjadi antara Turin dan Milan. Apabila wasit memang bertanya padanya dan ia menjawab ‘tidak (gol)’ maka ia telah menjadi seorang pembohong,” ujar mantan pemain Juventus ini seperti dilansir Football-Italia, Selasa (28/2/2012).

“Bila saya telah mencetak gol dengan tangan dan wasit bertanya pada saya, maka saya akan jawab bila saya telah mencetak gol dengan tangan. Kenapa (Diego) Maradona tak melakukannya? Karena, tidak ada yang bertanya padanya,” tandas Platini.

Sebelumnya, pernyataan Buffon juga telah mendapat kritikan dari ketua komite wasit Italia, Marcelo Nicchi. Ia mengatakan bila Buffon telah memberikan contoh yang buruk pada kaum muda.(acf)