Tuan Rumah Dipaksa Memungut Bola dari Jala di Babak I

BANDA ACEH - Persiraja Banda Aceh tertinggal sementara dengan skor 1-0 atas tamunya Semen Padang FC dalam lanjutan Indonesian Permier League (IPL) 2011/2012.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (5/2/2012) sore, tim berjuluk Si Kabau Merah unggul sementara di babak pertama melalui gol cepat dicipta Ferdinan Sinaga di menit ke tiga.

Datang sebagai pemimpin klasmen sementara IPL, Semen Padang agresif di kandang Laskar Rencong, julukan Persiraja.

Sejak kick off dilengkingkan wasit, Ely Eiboy cs langsung menyisir dari sisi lapangan, namun kondisi lapangan yang tergenang karena diguyur hujan deras membuat kedua tim sulit mengembangkan permainan.

Tak tinggal diam, Persiraja yang tak mau dipermalukan begitu saja di markas sendiri juga menerapkan pola permainan menyerang dengan memplotkan Morilo Reibeiro De Almeida dan Imral Usman di depan.

Kedua kesebelasan terpaksa harus bermain dengan mengandalkan bola-bola tinggi, karena lapangan tergenang. Bahkan pemain sering hilang bola karena setelah berupaya lari mengejar, bola malah terhenti di genangan.

Semen Padang berhasil mencuri gol saat pertandingan baru berjalan tiga menit.Berawal sepakan Eduward Wilson yang mengarah ke atas kiper Zolbahra, namun bola tiba-tiba berhenti di genangan depan gawang.

Zolbahra yang sudah dalam posisi siap menangkap bola terjatuh, bola langsung disontek Ferdinan Sinaga ke jala.

Tertinggal satu angka memacu semangat anak-anak Aceh untuk menyamakan kedudukan.

Berselang empat menit kemudian, Persiraja mendapat hadiah tendangan langsung. Eksekusi dilakukan Patrik Sofian Ghigani menipis di atas mistar.

Tak lama berselang, Morilo Reibero De Almeida mendapat peluang menyamakan kedudukan setelah mendapat umpan lambung dari sisi kiri kotak penalti, namun sundulannya tepat mengarah kepelukan kiper Samsidar.

Persiraja terus menekan untuk menyamakan kedudukan, namun serangan yang dibangun tak berjalan baik karena kondisi lapangan yang tergenang. Pemain sering hilang sasaran, ketika bola menyentuh air.

Mendapat umpan lambung dari tengah lapangan, Ghigani masih gagal menjebol gawang karena sepakannya mampu diamankan Samsidar.

Menjelang pertengahan babak pertama, Ferdinan kembali mendapat peluang menggandakan keunggulan. Usai melewati dua bek Persiraja, striker timnas U23 itu gagal menjebol gawang karena sontekannya tertahan di genangan depan gawang.

Gawang Persiraja kembali terancam setelah sebuah umpan silang Ely Eiboy mengarah ke Ferdinan dan menyundulnya ke jala, namun bola mampu dihalau Zolbahra.

Lima menit berselang, De Almeida mendapat peluang emas untuk menjebol gawang Kabau Sirah setelah mendapat umpan matang dari tengah lapangan, namun usai melewati dua bek lawan, lagi-lagi bola yang digiringnya justru terhenti di genangan dalam kotak penalti sehingga dengan mudah dibuang Abdulrahman.

Laskar Rencong kembali mendapat peluang dari sebuah kemelut di depan gawang. Namun Abdul Musawir gagal memanfaatkannya, karena sepakannya tepat mengarah ke Samsidar.

Kedua kesebelasan terus melancarkan serangan. Lima menit babak pertama berakhir, Si Kabau Merah mengepung pertahanan tim tamu namun hingga peluit tanda turun minum ditiupkan skor 1-0 untuk Semen Padang bertahan.


Persiraja: Zolbahra (GK), Cristian Alejandro Febre Santis, Agus Mulyadi, Yusrizal, Rahmadhani (DF), Erik Saputra, Irwanto (C), Patrik Sofian Ghigani, Abdul Musawir (MF), Imral Usman dan Morilo Ribeiro De Almeida (FW).

Semen Padang FC: Samsidar (GK), Henky Ardilez, Abdulrahman, David Pagbe, Tommy Rifka (DF), Ely Eboy (C), Vendry Mofu, Yuh Yhunkoo, Esteban Viscara (MF), Ferdinan Sinaga, Eduwads Wilson (FW).