Mengetahui Simbol-Simbol pada PCB hardware dan tahun pembuatan / perakitan hardware

Iseng-iseng lihat card-card PCI dan RAM lawas yang nganggur di kamar, kok punya banyak simbol yah, jadi penasaran, apa sih maksudnya simbol tersebut.

pertama: Voodoo 5500 AGP ada simbol kaya gini:



kedua: GeCube Radeon X1050HM ada simbol kaya gini:


ketiga: ATI Radeon 9800 Pro ada simbol kaya gini:


Kira2, apa maksud dari logo2 ketiga card tersebut?

1. CE

Conformité Européenne, merupakan standar uni eropa yang menunjukkan bahwa produk elektronik telah memenuhi standar keamanan, kesehatan dan lingkungan uni eropa.

2. C-tick

regulasi standar australia dan new zealand, di mana produk yang masuk ke mereka harus memenuhi standar interferensi radiasi radiomagmetik. di bawahnya / sampingnya biasanya ada koden ANZEMC (australia and new zealand electromagnetic commision / badan urusan komunikasi elektromagnetik australia dan new zealand)

3. FCC

Federal Communication Commision. Yang ini dah umum banget, FCCID merupakan tanda izin untuk sebuah produk masuk ke pasar amrik serikat setelah melalui pengujian radiasi gelombang elektronik suatu produk dan pengaruhnya terhadap perangkat lain / manusia / lingkungan.

4. BSMI

Bureau of Standards, Metrology and Inspection taiwan / china taipei. menunjukkan perangkat telah memenuhi standar regulasi industri untuk taiwan dan china. biasanya diikuti nomor izin diawali dengan sebuah huruf alfabet dan digit2 angka.

5. MIC

Korean Ministry of Information and Communication. standar korea untuk produk elektronik yang boleh masuk ke negeri mereka, agar memenuhi spesifikasi radio tertentu.

6. VCCI

The Voluntary Control Council for Interference by Information Technology Equipment. Sebuah organisasi jepang yang menangani regulasi perangkat elektronik khususnya yang beredar di jepang agar memenuhi peraturan pemerintah untuk emeisi radio frekuensi. kadang digunakan juga untuk produk yang dijual di luar jepang.

7. RU (Recognized Component Mark)

Recognized Component Mark. Merupakan Logo untuk produk yang tidak sepenuhnya memenuhi kualifikasi UL (Underwriters Laboratories) yang menangani standar keamanan dan kesehatan untuk berbagai macam produk industri.

8. UL

Underwriters Laboratories. Paling sering nongol di standar power supply, merupakan standar untuk keamanan dan kesehatan industri dan masyarakat dengan memberikan standar dan metode pengujian material, peralatan, komponen pada proses produksi di industri.

Terus ada lagi yang kaya gini nih:

1. VGA GeCube X1050 HM


2. Chipset VGA 3DFX Voodoo Rush


3. Soundcard Yamaha YMF-724 PCI


Nah yang itu ada logo dan digit yang sering kita lihat:

94-V0: tes faktor mudah terbakar (flammability) ada penjelasan detil di sini:

Source code

1
http://www.rtpcompany.com/info/ul/ul94v012.htm


terus angka 0642 merupakan tanggal pembuatan yaitu minggu ke 42 tahun 2006, 9808 yaitu minggu ke 8 tahun 98, dan 2799 yaitu minggu ke 27 tahun 1999.



Rig: Core2Quad Q8200 2.33GHz @ 2.80GHz (400x7) under Foxconn Acer 2490 OEM tower HSF, Abit IP35P, ECS GF8800GT 512MB DDR3 (650, 1620, 2x950) under Arctic Cooling Accelero S1 + Turbo Module, 2x2GB DDR2 Elixir (5-5-5-15 @ 400MHz), Enermax FMA EG-465P-VE 460W super noise killer, WD 640GB SATA 2 Green / 32MB, LG GH22NP2O DVDRW 22X, LG W1642S 16", Okion NightOwl keyboard, Logitech Optical USB Mouse...


Tambahin satu lagi, abis kelewatan:

dan ini sekalian:


keduanya berkenaan dengan perangkat yang rawan terhadap listrik statis. jika menemukan label yang berupa tangan disilang di atas, berarti kita ga boleh pegang2 konektor secara sembarangan, karena di tangan kita terdapat listrik statis yang berbahaya bagi hardware. selalu pegang ground pada bodi logam casing sebelum pasang card ini di PC.

yang bawah menunjukkan simbol ESD common ground bahwa perlatan tersebut harus dijauhkan dari medan magnet dan radiaktif, serta peralatan tersebut memerlukan grounding yang baik pada sumber listrik yang digunakan. jika menemun perangkat dengan simbol ini, usahakan, menggunakan sumber listrik yang memiliki ground atau colokan dengan 3 konektor. dapat pula ditambahkan ground dengan memasang kabel dengan paku pada dinding dan menghubungkan ujung kabel lainnya pada bagian logam di bodi casing...