Cara Membuat Warnet Jadi Ramai


Layaknya bisnis dan usaha pada umumnya, kadang usaha warnet pun mengalami pasang surut. Bisa jadi membengkaknya ongkos perawatan komputer sampai berkurangnya jumlah pelanggan harian. Pemasukan pun turut terancam kalau keadaan seperti ini. He..he Warnet sepi memang bukan impian kita. Bukan begitu?

Jadi sedikit tips untuk cara membuat warnet jadi ramai akan saya bagikan dibawah ini. Nantinya bebas untuk ditambahkan kembali.
1. Lokasi
Ini faktor yang paling krusial. Biasanya kalau ada warnet yang dekat sekolah, kampus, dan pemukiman penduduk. Maka dipastikan warnet ini akan ramai setiap saatnya. Buktinya adalah yang dekat rumah saya. Disana ada 3 warnet saling berdampingan, tapi antrinya itu loh panjang banget tiap hari. Intinya kita harus melihat kebutuhan pasar. Bahkan 2 dari 3 warnet tersebut sebenarnya tidak berkualitas terlalu bagus. Koneksi sering ngadet, dan komputernya tahun lama. :D Namun masih tetap dikunjungi orang. Memang dia beruntung punya rumah disitu, jadi bisa dibuka usaha warnet sekalian. ha..ha
2. Koneksi
Warnet yang paling cepat tentunya paling cepat diserbu. Jangankan hari libur, hari biasa aja bisa ramai kok. Pakai sistem paket juga bayarnya biar simpel dan lebih menarik pengunjung. Reputasi warnet yang berkoneksi cepat biasanya akan cepat tersebar dengan kekuatan word of mouth. Alhasil pengunjung pun jadi tambah loyal dan ramai.
3. Situasi
Mencakup suhu ruangan, pencahayaan, aroma ruangan, kebersihan, dan kenyamanan parkir kendaraan. Semakin dipenuhi maka orang makin betah.
4. Keramahan operator
Cari operator yang baik, dan sopan. Jangan cepat darah tinggian. Kalau bisa berpenampilan menarik. ;)
5. Spek komputer.
Semakin tinggi semakin baik. Namun kalau masih pertama memulai bisnis, memang agak sulit membeli yang mahal. Jadi lebih baik pelan pelan investasi dari yang spek rendah namun bisa mencapai 8-10 komputer.
6. Promosi
Diskon, promosi lewat radio setempat, mengadakan kompetisi game, dll. Yang penting orang bisa tahu dan menjadi kenal dengan warnet anda.
7. Jangan terlalu idealis
Amati keinginan pasar, dan segera ikuti dengan langkah nyata. Jika user menginginkan adanya cheat game online, segera cari trik untuk mengikuti kemauan client.

Itu saja sedikit tips membuat warnet sepi menjadi ramai kembali. Kalau ada tambahan, jangan segan berkomentar dibawah. Okehhh…