FA Resmi Jatuhkan Sanksi untuk Suarez

Luis Suarez (Foto: Daylife)LIVERPOOL - Luis Suarez akhirnya resmi dijatuhkan hukuman sanksi oleh komisi hukum independent FA. Denda 40 ribu Poundsterling dan sanksi tidak boleh berlaga untuk Liverpool selama delapan laga menjadi hukuman untuk Suarez.

Hukuman ini dijatuhkan oleh FA terkait insiden rasisme yang dilakukan oleh penyerang asal Uruguay tersebut kala Liverpool bersua dengan Manchester United, 15 Oktober lalu. Ulah Suarez terungkap ketika Evra mengatakan soal perilaku Suarez itu kepada French TV.

“Komisi hukum independent dari FA telah menemukan muatan pelanggaran yang dilakukan Luis Suarez terbukti, dan mengeluarkan hukuman larangan tampil selama delapan pertandingan serta denda kepadanya 40.000 Poundsterling dengan banding ditunggu,” ujar FA dalam pernyataannya seperti dilansir dari Eurosport, Rabu (21/12/2011).

“Tuan Suarez telah menggunakan kata-kata penghinaan kepada tuan Evra, yang bertentangan dengan Peraturan FA pasal E3 (1); Kata-kata menghina yang digunakan oleh Tuan Suarez mengandung unsur penghinaan warna kulit Mr Evra yang juga dimuat pada Peraturan E3 (2),” tambah pernyataan tersebut.

Walau begitu, Suarez bisa bernafas lega. Pasalnya hukuman tersebut ditangguhkan hingga Suarez mengajukan banding atas hukuman yang ditujukan kepadanya tersebut.

“Tuan Suarez harus mendapat peringatan untuk perilakunya di masa depan, dan dihukum larangan tampil dalam delapan laga di semua ajang kompetitif yang dilakukan tim inti (Liverpool), serta denda sebesar 40.000 Poundsterling; Hukuman ini ditunda sambil menunggu hasil dari setiap banding yang diajukan oleh Tuan Suarez dalam keputusan ini,” tutup pernyataan tersebut.