Mou Tanggapi Kritikan Madridista kepada CR7

Foto: Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo/Getty ImagesMADRID - Cristiano Ronaldo menjadi sasaran utama kritikan fans Real Madrid usai timnya dikalahkan rival abadi Barcelona. Namun, Jose Mourinho pun memberikan tanggapannya seputar reaksi fans yang dinilainya berlebihan.

Ronaldo memang jadi korban kekalahan Madrid 1-3 dari Barca di Santiago Bernabeu, Minggu (11/12/2011) dini hari kemarin. Megabintang asal Portugal menjadi sasaran kritikan fans El Real usai pertandingan, karena dinilai tidak memberikan kontribusi dalam pertandingan tersebut.

Menyikapi tekanan yang tengah dihadapi anak emasnya, Mourinho mencoba memberikan wejangan. Menurut Mou, Ronaldo harus mengabaikan kritikan tersebut sehingga bisa tetap menjaga performanya di pertandingan pertandingan selanjutnya.

“Jika dia (Ronaldo) seperti saya, maka dia tidak akan mempedulikan peluit (kritikan). Selama pertandingan, tidak ada waktu untuk mendengarkan apa yang terjadi di luar. Bagi saya, ini bukan masalah besar,” tutur Mourinho sebagaimana dikutip Goal, Selasa (13/12/2011).

“Kalah dalam pertandingan jelas mempengaruhinya, sama seperti pemain lain. Tapi, dia (Ronaldo) tidak boleh kehilangan keseimbangan emosinya. Suatu hal yang normal bila saat ini dia lebih kecewa ketimbang dua pekan lalu. Tapi, tidak ada drama dalam situasi ini,” pungkasnya seraya menghimbau agar fans tidak melulu mengkambinghitamkan atas hasil buruk El Real.

Dalam kesempatan ini, Mou juga memberikan komentar seputar laga Madrid kontra Ponferradina, di ajang Copa del Rey, Rabu (14/12/2011) dini hari nanti WIB. Dalam pertandingan nanti, Mou mengkonfirmasi bahwa dia bakal mengistirahatkan sejumlah pemain yang berlaga di El Clasico, seperti Iker Casillas, Pepe, Angel Di Maria, Lassana Diarra, Fabio Coentrao dan Xabi Alonso.

Dengan masih cederanya Ricardo Carvalho dan belum pulihnya Alvaro Arbeloa, pelatih berjuluk The Special One ini bakal mempercayakan lini pertahanan kepada Raphael Varane. Di lini tengah dan depan, Mou mengaku akan menurunkan dua pilar anyarnya, Nuri Sahin dan Hamit Altintop.

“Mereka membutuhkan waktu bermain. Setiap hari, saya selalu menyakinkan bahwa Varane akan jadi pemain inti di Madrid dalam 10 tahun ke depan. Dia adalah pemain yang bagus dan masih sangat muda. Dia baru 18 tahun, namun sudah cukup matang baik sebagai pemain maupun sosok pribadi,” sambungnya.

“Penting juga bagi keduanya (Sahin dan Altintop) bermain, karena mereka sempat dibekap cedera,” pungkasnya.(acf)