Wenger Kritik Aturan Peminjaman Pemain

Foto: Arsene Wenger (daylife)LONDON – Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengkritik sistem peraturan peminjaman pemain. Ia menuturkan seharusnya dibuat sebuah aturan yang melarang klub-klub Premier League untuk saling meminjam pemain yang memiliki usia di atas 21 tahun.

Ia berkaca pada kasus yang menimpa Emmanuel Adebayor saat dipinjam Tottenham Hotspur dari Manchester City. Pasalnya, permainan gemilang dan kerap menjadi penentu kemenangan Spurs, Adebayor harus absen setiap laga Spurs menghadapi The Citizens.

Contohnya nyata terjadi ketika Spurs harus menelan kekalahan 3-2 oleh Manchester City dalam lanjutan Premier League. Hal tersebut dikarenakan sebuah aturan yang melarang Adebayor untuk tampil melawan klub asalnya.

“Saya secara pribadi tidak akan pernah melarang pemain pinjaman untuk bermain melawan klub asalnya. Apa yang ingin saya lihat di Premier League adalah sebuah aturan yang melarang meminjamkan pemain di atas usia 21 tahun,” ujarnya seperti dilansir Mirror Football, Kamis (26/1/21012).

“Sebaga contoh kita bila sebuah klub besar dapat meminjamkan pemainnya kepada sesama klub Premier League, mereka akan memiliki keuntungan tersendiri. Pemain itu tidak dapat membela timnya saat berhadapan dengan klub asalnya, sehingga klub itu bisa meraih kemenangan,” kilahnya.

Namun demikian Wenger sendiri pada awal musim ini tetap memutuskan untuk meminjam Yossi Benayoun dari Chelsea. Keputusan itu ia ambil dengan terpaksa, karena pemainnya Jack Wilshere harus absen cukup panjang karena cedera.

“Memang benar kita tidak terlalu sering melakukannya (meminjam pemain). Kita telah ada pada hari terakhir bursa transfer dan kita tahu bahwa Wilshere akan segera dioperasi,” pungkasnya.(acf)