Lawan Persebaya, Tes Kesiapan Garuda Sebelum ke Bahrain

Foto: Pelatih Timnas Aji Santoso/OkezoneSURABAYA - Tim nasional (timnas) Pra-Piala Dunia (PPD) menjalani laga persahabatan kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (24/2/2012) besok. Laga tersebut sebagai uji tanding sebelum menghadapi Bahrain, 29 Februari mendatang.

Walau sudah tidak lagi menentukan, pelatih timnas PPD, Aji Santoso, tetap berusaha mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. Untuk itulah, pelatih yang sampai saat ini masih tercatat sebagai pelatih PON Jatim, berupaya menyatukan tim dalam laga uji coba nanti.

"Pertandingan besok (hari ini) untuk melakukan persiapan saat bertemu Bahrain di laga terakhir PPD. Jelas uji coba nanti ingin mengetahui sudah seperti apa kekuatan tim ini. Walau memang tidak ideal sebenarnya, karena kami hanya memiliki waktu persiapan yang minim. Tapi yang penting, bagaimana pemain bisa menyerap dan memahami keinginan tim," ungkap Aji.

Uji coba kontra Persebaya, Aji pun sadar jika laga uji tanding tersebut tidaklah cukup sebagai gambaran kesiapan timnya. Apalagi saat ini, tim yang tergabung dalam skuad timnas PPD mayoritas adalah pemain-pemain mudah yang minim pengalaman internasional.

"Bahrain memang lawan yang berat, walau kami bukan pesimis. Tapi kami juga harus sadar kelas Indonesia bukan seperti mereka, tapi dalam sepak bola semua bisa terjadi. Hal itu yang coba kami pahami," terang Aji.

"Banyaknya pemain muda di tim kami, sebenarnya juga keunggulan tersendiri. Kami berharap semangat muda mereka mampu ditularkan dalam pertandingan nanti. Dalam laga nanti kami akan coba strategi memaksimalkan bola-bola pendek secara normal," sambung pelatih yang membawa Indonesia menjuarai SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Senada dengan apa yang disampaikan sang pelatih, Abdurahman yang jadi salah jangkar timnas PPD di lini pertahanan, juga menyatakan kesiapannya dalam laga uji coba kontra Bajul Ijo, julukan Persebaya. Menurut pemain belakang Semen Padang ini, kesiapan timnas PPD sudah 80 sampai 90 persen.

"Pelatih terus intruksikan kami jangan sampai hilang bola. Kami pun diharapkan bisa bermain kompak walau banyak pemain-pemain baru di timnas. Pastinya kompak dalam bertahan dan juga menyerang dan lebih banyak bermain satu dua sentuhan. Saya kira sudah 80 sampai 90 persen persiapan kami. Dan saat ini tinggal mencari siapa-siapa saja yang main nanti," tandas Abdurahman.(Decky Irawan Jasri (Koran Sindo)/Koran SI/acf)