United Ditantang Bilbao, City Melawat ke Lisbon

Logo Europa League (foto: Ist)BABAK 32 besar Europa League akhirnya rampung juga. Beberapa kejutan terjadi di leg kedua di mana dini hari tadi Manchester United harus menelan kekalahan 1-2 atas Ajax Amsterdam di Theatre of Dream. Meski kalah, tapi United tetap lolos ke babak 16 besar karena unggul agregat gol 3-2.

Di babak 16 besar atau perdelapan final, United bakal ditantang klub asal Spanyol, Athletic Bilbao yang sukses mengemas kemenangan 1-0 atas wakil Rusia, Lokomotiv Moskow. Bilbao berhak lolos meski di Moskow mereka mengalami kekalahan 2-1. Bilbao lolos karena unggul agresifitas gol di kandang lawan.

United akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada Kamis 8 Maret 2012 di Old Trafford. Baru kemudian Bilbao berbalik menjamu Setan Merah di Estadio San Mames seminggu kemudian.

Sementara wakil Inggris lainnya, Manchester City juga lolos ke babak perdelapan final setelah lolos meyakinkan atas FC Porto dengan agregat 6-1. The Citizens akan bertemu wakil Portugal, Sporting Lisbon.

Valencia yang sukses menghentikan Stoke City di babak 32 besar akan ditantang wakil Belanda PSV Eindhoven. Sedangkan satu-satunya wakil Italia, Udinese yang melaju ke babak perdelapan final akan bertemu dengan wakil Belanda, AZ Alkmar.

Berikut Jadwal Pertandingan Leg 1 Babak 16 Besar Europa League (8/3/2012):
Sporting Lisbon (POR) vs Manchester City (ING)
Twente (HOL) vs Schalke 04 (JER)
Standard Liege (BEL) vs Hannover (JER)
Valencia (SPA) vs PSV Eindhoven (HOL)
AZ Alkmar (HOL) vs Udinese (ITA)
Atletico Madrid (SPA) vs Besiktas (Turki)
Manchester United (ING) vs Athletic Bilbao (SPA)
Metalist (UKR) vs Olimpiakos Pireaus (YUN)