Dan saya baru teringat tentang pengalaman saya bekerja
sebagai operator Warnet yang memiliki banyak sekali pelanggan tetap dan untuk
Itulah saya berikan 8 tips mempertahankan konsumen Warnet:
1. Sapalah konsumen dengan baik.
1. Sapalah konsumen dengan baik.
Bagi Operator warnet sebaiknya orang yang bersifat “supel”
atau mudah bergaul Maksudnya adalah, ketika konsumen dateng ke Warnet kita,
sambutlah dengan senyum, sedapat mungkin ucapkan selamat pagi atau siang.
Point pertama sudah kita dapatkan berupa kesan “ramah”.Biarpun
Sebagian User Warnet Game Online Remaja Atau anak kecil , tetap kita sambut
tidak perlu formal yang penting terkesan “dekat” .
2. Tanyakan apa keperluannya.
2. Tanyakan apa keperluannya.
Kita harus pro aktif
menanyakan terlebih dahulu apa keperluan konsumen dengan ucapan “ada yang perlu
saya bantu?”,
Sangat efektif untuk Warnet biasa tanpa Game Online tapi
untuk Warnet Game Online , sepertinya hal ini tidak perlu di tanyakan karena
sudah pasti jawabannya yaitu bermain Game Online
3. Berikan kualitas terbaik.
3. Berikan kualitas terbaik.
Setiap produk yang
kita berikan harus yang terbaik. Jangan sekali-kali kita memberikan kepada
konsumen asal asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan
terhadap produk yang kita jual.
Semisal tinta Print yang sudah hampir tetap di paksakan
untuk ngeprint nanti pasti hasil printnya menjadi kurang baik, atau untuk Personal
Computer yang di sediakan memiliki performa yang kurang baik seperti banyak
virus atau terkesan “lemot”.
4. Berikan harga yang wajar.
4. Berikan harga yang wajar.
Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu layanan
warnet sangat menentukan. Untuk menggunakan layanan warnet konsumen selalu
memilih tempat yang sesuai dengan kantong mereka.
Berikan mereka dengan harga sewa warnet yang wajar tapi
tetap dibarengi kualitas yang baik, basanya konsumen akan balik lagi ke tempat
kita.
5. Ciptakan kekeluargaan.
5. Ciptakan kekeluargaan.
Maksud saya, pada
saat proses pemberian pelayanan berlangsung kita jangan bersikap monoton.
Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan
tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini
dimaksudkan untuk menciptakan hubungan.
6. Sistem Membership
Hal ini sudah di terapkan dan tentunya berhasil, dengan trik
membership maka konsumen akan menjadi pelanggan tetap karena memiliki akses “member”
yang lebih murah di bandingkan paket Personal biasa. Sistem membership ini juga
“mengunci” pelanggan agar tidak pindah kewarnet sebelah .
7.Kerjasama Dengan
Publisher Game
Khusus untuk warnet khusus Game Online Kerjasama dengan
publisher game semisal mengadakan Event di warnet, atau kompetisi game ini
salah satu trik jitu promosi warnet .
Cek saja DiLo , salah satu Warnet Game
Online terbesar di Indonesia , DiLo selalu mengadakan Event atau kerjasama
dengan publisher game hingga menjadi terkenal seperti sekarang.
8. Fasilitas yang
memadai
Fasilitas utama seperti Komputer user sebaiknya sangat amat
di perhatikan , selalu cek Update Game terbaru, atau semisalnya ada Game
Terbaru , rajin membersihkan PC semisalnya 3 bulan sekali . Dan Fasilitas
pendukung juga sebaiknya di perhatikan seperti tempat parkir, atau bisa juga
sediakan makanan dan minuman ringan + rokok selain untuk tambahan penghasilan warnet
ini juga salah satu kunci untuk merubah konsumen warnet Anda menjadi pelanggan
tetap .
Kemudian kebersihan Warnet , sebagus apapun warnet jika
kurang bersih akan menyebabkan rasa kurang nyaman di hati para konsumen jadi
untuk para Operator sebaiknya usahakan kebersihan tetap di jaga .
8 Tips mempertahankan konsumen Warnet inilah
yang menjadi kunci untuk membuat konsumen warnet Anda menjadi betah dan selalu
kembali kewarnet dan 8 Tips mempertahankan konsumen Warnet ini yang saya terapkan selama 7 bulan lebih
bekerja sebagai Operator dan Patcher (teknisi) salah satu Game Centre terbesar di
Bekasi , Pelayanan adahal hal yang harus di utamakan . barulah fasilitas warnet
Anda .
Nah bagaimana dengan anda?, barang kali punya Tips warnet yang lebih bagus dari dari saya, mari kita berbagi pengalaman dan berbagi tips tentang hal ini.