pada komponen sensor-sensornya maka akan ada
lampu pemberitahuan atau
kedipan yang dalam istiulah kerennya MIL
(Malfunction Indicator Light). lampu
tersebut umumnya berwarna kuning bergambar
mesin atau sering disebut juga
lampu Check Engine. letaknya berada di
speedometer. kedipan lampu MIL normal
tampak setelah kunci kontak ON selama 2 detik
lalu mati. jika ada masalah dengan
sistem injeksinya maka akan ada kedipan.
Kedipan ini menandakan ada masalah dengan
komponen sistem injeksi. namun
kedipan juga ada jumlahnya tergantung pada apa
komponen yang rusak. untuk
memperbaiki mesin dengan teknologi injeksi
maka jika pada bengkel-bengkel
besar atau dealer resmi akan menggunakan alat
Scanner atau Diagnostic Tools.
namun jika tidak menggunakan alat tersebut
juga masih bisa dilakukan karena
pada dasarnya alat scanner pun membaca dari
kedipan tersebut.
Data Kode Kedipan MIL
(Malfunction Indicator Light) Sepeda Motor
Untuk anda yang tidak menggunakan alat
diagnostic tools atau scanner maka
tinggal baca aja dari kedipan lampu Check
Engine. Ada dua kedipan dasar panjang
dan pendek. Kedipan panjang (1,3 detik)
diartikan puluhan (10), kedip pendek
(0,3 detik) satu kali berarti 1 dan
seterusnya. misalkan jika ditemukan kedipan
pendek sebanyak 3 kali maka nilai MIL nya
adalah 3 dan
jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 3 kali
kedipan pendek maka nilai MIL nya
adalah 13. Jika ada lebih dari satu kerusakan
maka Error sistem antara satu
dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5
detik. dan berikut ini data Kode MIL
untuk sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki dan
Kawasaki. saya kutif dari sumber
Honda PGM-FI
1 Kedipan : Sensor MAP (Manifold Absolute
Pressure)
7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil
/Coolant Temperature)
8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)
9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air
Temperature)
12 Kedipan : Sensor Injektor
21 Kedipan : Sensor O2 (Oxigen sensor)
29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut
Valve)
33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
Yamaha YMJET-Fi
12 Kedipan : Crankshaft Postion Sensor (tidak
ada sinyal normal yang diterima
dari sensor ini)
13 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor (open
atau short circuit)
14 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor
15 Kedipan : Throttle Position Sensor (open
atau short circuit)
16 Kedipan : Throttle Position Sensor (macet
atau lengket)
21 Kedipan : Coolant Temperature Sensor (open
atau short circuit)
22 Kedipan : Intake Air Temperatur Sensor
30 Kedipan : Lean Angle Sensor (macet atau
rusak)
33 Kedipan : Ignition Coil
39 Kedipan : Fuel Injector (open atau short
circuit)
41 Kedipan : Lean Angle Sensor
44 Kedipan : Pembacaan dan penulisan pada
EPROM eror)
46 Kedipan : Suplay power ke sistem fuel
injection tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan memory ECU
Suzuki DCP-FI
12 Kedipan : CKP sensor
13 Kedipan : IAP sensor
14 Kedipan : TP sensor
15 Kedipan : ET sensor
21 Kedipan : IAT sensor
23 Kedipan : TO sensor
24 Kedipan : Ignition Koil
32 Kedipan : Fuel injection
40 Kedipan : ISC valve
42 Kedipan : Ignition switch
44 Kedipan : HO2 sensor
Kawasaki KE-Fi
11 Kedipan : Sensor main throttle tidak
berfungsi
12 Kedipan : Sensor tekanan udara inlet tidak
berfungsi
13 Kedipan : Sensor temperatur udara inlet
tidak berfungsi
14 Kedipan : Sensor temperatur air inlet tidak
berfungsi
21 Kedipan : Sensor crankshaft tidak berfungsi
24 Kedipan : Sensor kecepatan tidak berfungsi
31 Kedipan : Sensor Vehicle down tidak
berfungsi
32 Kedipan : Model TH atau EUR, sensor
subthrottle tidak berfungsi; model
IN, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi
33 Kedipan : Sensor oksigen tidak aktif
41 Kedipan : Injector tidak berfungsi
46 Kedipan : Relay pompa bahan bakar tidak
berfungsi
51 Kedipan : Koil pengapian tidak berfungsi
56 Kedipan : Relay kipas radiator tidak
berfungsi
62 Kedipan : Model TH atau EUR, aktuator katub
subthrottle tidak
berfungsi; model IN, sensor subthrottle tidak
berfungsi
64 Kedipan : Katup pengganti udara tidak
berfungsi
67 Kedipan : Pemanas sensor oksigen tidak
berfungsi
Untuk mempermudah proses diagnosa memang ada
alat scanner yang
tinggal colok dan kerusakan langsung
diketahui. untuk mendapatkanya pun
sekarang ini mudah dan banya dijual di toko
online. untuk alat resmi
mungkin hanya untuk jaringan servis resmi
namun banyak sekarang satu
alat scanner yang bisa digunakan oleh berbagai
merek dan jenis sepeda
motor.
semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.