Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus

Setting untuk radio streaming pasti sudah lazim kita dapatkan, tetapi kalau urusan hasil dari sound streaming pasti sangat jarang dan itu merupakan rahasia perusahaan.
Kita akan menerima sesuatu yang lebih jika kita mengeluarkan harga lebih, tetapi jika sobat percaya dengan harga minimal pun bisa mencapainya.
Radio streaming pribadi yang nyaris gratis dan benar-benar menggunakan open source pun bisa di implementasikan hanya untuk sedikit mengeluarkan bakat ngoprek sobat Pro.
ScreenShot dibawah memungkinkan Sobat mengerti yang pernah Proghita lakukan, dan ini merupakan hal yang lebih dari dasar icon smile Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus .
streaming1 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara BagusSebagai bahan dasar kita harus install Winamp dulu aja silahkan download versi terbaru situs Winamp.com, Winamp yang kita tau adalah freeware untuk memutar musik di komputer (Netbook, PC atau Laptop (OS Windows Only), kemudian download Multiple DSP untuk Winamp berguna untuk memainkan beberapa DSP (Digital Sound Processing) dalam satu wadah. Soalnya Winamp gtidak memungkinkan memainkan multi DSP kecuali ada software lain | Multiple DSP For Winmap Download

streaming2 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara BagusSelanjutnya jika sudah teristall Multi DSP kita bisa mulai menginstall yang lainya atau malah tinggal memilih beberapa DSP Winamp yang akan kita gunakan. Lihat gambar diatas dalam kolom merah, dalam kontek kali ini kita sedang membuat Streaming untuk radio Ppribadi makanya harus menginstall  DSP Shoutcast | Download SHOUTcast DSP v2.
Tetapi ingat apakah Sobat sudah mempersiapkan server untuk streaming ? bila belum sobat bisa membuatnya di beberapa server shoutcast gratis seperti listen2myradio.com atau juga di freestreamhosting.org. Proghita rasa Sobat mengerti dengan langkah-langkah pendaftaran tersebut jika kurang faham bisa gunakan kolom komentar dibawah untuk sekedar diskusi.
Masuk ketahap berikutnya adalah setting server di DSP Winamp supaya suara atau musik yang di putar di winamp bisa dipancarkan ke seluruh penjuru dunia.
streaming3 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus
Lihat dalam kurung merah itu merupakan contoh server milik proghita (Kebetulan proghita sengaja membeli untuk keperluan hobi).
Pada tab Connection kolom Adress isi dengan alamat IP yang sudah di kasih oleh pengguna layanan Shoutcast (biasanya keterangannya sudah jelas diberikan oleh mereka) begitu juga dengan Port, isikan port yang diberikan oleh penyedia layanan. kemudia tab lainya boleh Sobat isi dengan nama radio dan alamat websitenya sesuai yang dimiliki sobat Pro icon smile Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus , centang auto connect, jangan lupa kontrol server jika belum di star conba star dulu server dan kemudian klik Connect di DSP winamp. jika sudah ter-uploud maka hal ini sudah berhasil.. coba cek dengan memutar lagu dan kemudian dengarkan di PC dengan player lain. seperti foobar, VLC atau lainnya. metode url yang digunakan adalah seperti http://radio.proghita.com:8051/listen.pls maka akan langsung mencari player yang akan digunakan, jika sudah berhasil maka akan terdengar suara musik dari sana.
Satu lagi yang terlupakan yang harus diingat adalah jika belum tersambung berarti ada yang salah dalam konfigurasi.. ulangi seperti diatas dan kemudian cek encoder apakah sobat sudah memilihnya ? entah itu mp3 atau aac plus.
streaming4 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus
Jika sudah dipilih apakah encoder yang sobat gunakan silahkan untuk meng-connect-kan kembali DSP Shoutcastnya.
Untuk kualitas suara maximal dengan penggunaan internet yang ringan sobat bisa gunakan HE-AAC v2 minimal 24kbps 44100hz maka hasilnya akan mirip dengan mp3 yang mainkan. (AAC tidak dapat diputar melalui Blackberry, untuk kepentingan Blackberry gunakan mp3 minimal 24kbps mono 22050hz.
untuk mengubahnya silahkan lihat screenshot dibawah :
streaming5 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara BagusKlik tab encoder pilih encoder type (Mp3 atau ADTS-AAC Encoder) dan kemudian klik encoder setting untuk mengatur bitrate.
Selesai sudah tahap untuk memulai streaming saatnya kita memaksimalkan Multi DSP for Winamp.

Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus

Kita bisa menambahkan beberapa plugins DSP winamp supaya hasil suara yang di keluarkan benar-benar berisi seperti halnya radio-radio peofessional. Plugins yang gratis bisa menggunakan Sound Solution dengan preset-nya atau Stereo Tool Versi Gratis untuk Winamp. atau bisa juga menggunakan AudioProc versi shareware dengan harga lumayan.
streaming6 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara BagusIngat pada Multi DSP, Shoutcast DSP harus ditaruh di urutan  yang paling akhir karena ini berjalan sesuai tahapan. lihat contoh pada gambar diatas. kemudian saatnya Sobat mendengarkan Radio Streaming hasil kreasi sobat dan membagikan link radio sobat ke seluruh temen-temen supaya bisa memberikan masukan yang berharga icon smile Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus . Selamat berkarya