Setting Breakaway Untuk Radio streaming


Setelah kita mencoba membuat streaming Radio tempo hari, kali ini kita berlanjut ketahap advance dan ini hanyalah garis besarnya saja, setelah itu terserah Sobat mau di gimanaain suara khas radio Sobat.
Sebenarnya yang dipaparkan disini sudah mendekati professional jadi ga masalahkan ? Beberapa ada yang harus di beli dan ini merupakan inti, supaya suara radio sobat sehebat radio-radio lain.
Sebagai bahan pertimbangan saja, semenjak pertama kali mungkin ada diantara Sobat Pro yang mengetahui Software Audio Processor BREAKAWAY yang lebih dulu laku di daratan Eropa dan Amerika, dan kemudian di perkenalkan di Indonesia Oleh Bp Ferry dari Radio Pitaloka FM Ciamis, dan terlebih dulu admin proGhita menemukannya di torrent icon smile Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II dan melaporkan penemuan ini ke beliau. Semenjak setahun dari penemuan itu kemudian memutuskan untuk mencoba dengan perangkat yang benar-benar maximal sesuai yang di cantumkan oleh Software Requirements Breakaway Broadcast Processor.
Diatas sedikit sejarah kenapa Breakaway Broadcast Processor proGhita anggap sebagai Software Professional, karena jelas Software ini sudah di gunakan oleh radio Professional, dan catatan laporan dari hasil kumpul-kumpul di komunitas breakaway mungkin di indo sudah ada 5 sampai 10 radio yang sudah membeli lisensinya.
Inilah tampilan Breakaway Broadcast Processor.
breakaway1 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
Kita gunakan Software diatas untuk radio streaming yang akan di buat.
Download Software secara Cuma-cuma (Free Trial) , untuk lisensi  lihat pricenya disini.
Setelah sobat mendapatkan software-nya Sobat bisa menggunakannya dan mendengarkan hasilnya.
Gunakan Breakaway Broadcast Processor Asio untuk Sobat yang dipergunakan untuk pemancar FM dengan Soundcard Support Asio dan Sample rate 192.000 Khz, Untuk streaming gunakan Breakaway Live atau Breakaway Audio Processor Biasa, Soundcard bebas.
Dibawah ini gambar pengaturan-pengaturan yang akan kita temukan di breakaway.
 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II

Mari kita awali membuat Radio  streaming Pribadi  dengan Audio Processor Breakaway

Download EDCAST Standalone (ini sebagai dasar tata cara menggunakan Kabel Virtual yang disediakan (include) Software Breakaway).
Buka Software breakaway dan klik tab Setting kemudian klik I/O configuration sehigga akan muncul pilihan untuk memasukan jenis input dan Output Soundcard yang kita gunakan. Ganti pilihan soundcard tersebut dengan Breakaway Pipeline (Sebutan kabel Virtual di Breakaway) arahkan input ke Breakaway Pipeline 1 dan Output ke Breakaway Pipeline 2. Lihat gambar berikut :
 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
Dengan mengikuti gambar diatas dijamin sudah jelas icon smile Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II tidak perlu diterangkan kembali dalam bentuk tulisan.
Next, kita akan mengkonekan antara pemutar mp3 (Proghita contohkan menggunakan Winamp) sampai bisa didengarkan via URL streaming yang sudah disediakan. jika belum mengerti lihat dasarnya di tutorial streaming bagian 1.
Buka Winamp dan kemudian klik OPTION kemudia PREFERENCES dan cari Output, hanya untuk memindahkan output Winamp ke Breakaway Pipeline 1 sebagai input Breakaway Broadcast Processor yang sudah lebih awal di setting.
 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
Setelah itu tutup semua dan mulailah setting Edcast Standalone dengan Server yang sudah Sobat punya.
Buka Edcast dan pilih line in-nya ke Breakaway Pipeline 2.
 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag IIKemudian add encoder dan jangan lupa sebelumnya cari libaac.dll dan enc_accplus.dll dari folder plugin winamp, kopi dan paste di folder Edcast Standalone, seerti gambar dibawah ini.
 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
Kemudian atur Server Sobat dengan mengklik encoder dan akan muncul window ini
 Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
Lihat gambar diatas itu merupakan pengaturan dasar Sobat bisa sesuaikan sendiri (Cara pengisian kolom2 diatas mirip dengan Shoutcast DSP).
Tab kedua isi dengan informasi station Sobat
Selesai tingal klik OK saja dan mulai mainkan musik dengan membuka semua Software pendukung streaming. Mulai dari Winamp kemudian Breakaway Processor dan Edcast, mainkan musik dan bukalah URL Streaming Sobat Pro sekarang jika kurang sesuai bisa atur preset di breakaways. pasti mantaps. Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
dan selain menggunakan Winamp Sobat juga bisa menggunakan radio Automation Software gratis atau Shareware seperti SAM Broadcaster dan cukup mengarahkan output ke Breakaway Pipeline 1
Sambroadcaster Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II
Selamat berkarya, silahkan isi komentar jika ada yang kurang mengerti atau ingin mendapatkan gratis softwarenya icon smile Bikin Radio Streaming Pribadi dengan Kualitas Suara Bagus. Bag II