ECM error

Cerpen!!!! Ttg kasus beat ECO. Beberapa hari yg lalu saya meng upload di akun pribadi saya, di data scener menunjukan kode 12. Injector bermasalah. Karena saya cuman bawa obeng dan scener aja, terpaksa motor saya geret kerumah. Karena penasaran, saya langsung buka tutup aki dan langsung ngcek skring yg menuju injector, fullpam koil dan speed sensor.. ternyata skring putus, saya pasang lagi dan putus . Saya curiga ada kabel konslet, langsung buka coper body, cek kabel hitam leres purih, dari ujung ke ujung gak ada yg konslet. Cek kabel ping leres biru masa dari ecm ke injector normal. Dan fullpam pun dengung. Ketika koil di lepas. Dan say curiga bahwa koil eror karena jika coil di lepas skring gak putus... Saya coba rubing coil skring gak putus tp koil panas. Trnyata kabel kuning leres biru/ sinyal masa dari ecm standbay.. lajut cek ternyata gak ada kabel nyentuh tp ecm masih memberikan sinyal masa ke koil. Saya pun jadi bingung. Mau bilang ECM rusak takut yg punya jadi puyeng๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . Mau rubing ecm gak berani minjem. Sambil berfikir panjang saya minta solusi ama kang Riki Sucipta Imran Bengkel Injeksi Batam dan Takim Angkasa Motor dan banyak lagi tmn saya minta solusi. Tp jawaban sama. Ketika kabel semua sudah aman dan gak ada yg konslet berarti ECM eror. Mendengar masukan dari semua senior sayapun memberanikan diri utk membiayai pake modal sendiri. Ganti ECM ganti koil. Dan alhamdulillah motorpun normal. Terimakasih keluarga sofi. Semoga sofi selalu jaya. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat