Respek Fergie untuk Pardew

Foto: Alan Scott Pardew/ The GuardianMANCHESTER – Sir Alex Ferguson enggan untuk meremehkan Newcastle United, yang akan bertandang ke Old Trafford, Sabtu besok. Baginya, transformasi yang dilakukan Alan Pardew bersama Newcastle, membuat Fergie kian respek pada Pardew.

Fergie juga merasa, perlakuan klub-klub lamanya (West Ham dan Southampton) kepada Pardew, sangatlah tidak adil. Segala jerih payah Pardew memang tak dihargai kala itu, sampai kini, Pardew membuat Newcastle kembali menjadi kekuatan yang patut diwaspadai, setelah The Magpies ‘mudik’ ke Premier League.

“Saya selalu respek terhadap Alan Pardew. Saya selalu mengikuti perjalanannya. Menurut saya, dia tidak diperlakukan adil, ketika bersama West Ham dan Southampton. Jujur, perlakuan mereka sungguh konyol,” tukas Fergie, seperti dikutip The Busby Way, Jumat (25/11/2011).

“Dia telah membawa West Ham ke final Piala FA dan hanya selangkah lagi untuk memenanginya. Tapi dia sungguh tidak beruntung,” tambahnya.

Kini, Pardew membawa The Toon, kembali ke level teratas Liga Inggris, setelah sempat terperosok di divisi Champions. Pardew mampu menyertakan Newcastle ke papan atas klasemen, dan menjelma menjadi tim yang tak terkalahkan, sebelum akhirnya catatan itu dirusak Manchester City, akhir pekan lalu.

“Alan melakukan pekerjaan yang hebat bersama Newcastle. Dia mampu memotivasi timnya dan membuat mereka selalu siap tempur. Saya menyaksikan laga mereka melawan Tottenham yang berakhir imbang 2-2. Laga itu berjalan hebat, dari awal sampai akhir, dengan kedua tim ‘ngotot’ untuk menang,” lanjutnya.

“Sikap mereka juga layak dipuji. Ketika anda akan berhadapan dengan Newcastle yang seperti itu, juga dengan dukungan yang luar biasa di belakang mereka, anda pasti sadar akan menghadapi pertandingan yang sulit,” tuntas mantan pelatih timnas Skotlandia itu.