Wenger: Arsenal Bukan Cuma Van Persie

Foto: Van Persie merayakan gol bersama Arsene Wenger/Getty ImagesLONDON - Arsene Wenger tidak menampik bila performa brilian yang ditampilkan Robin van Persie sejauh ini, sukses mendongkrak penampilan dari Arsenal. Namun, pelatih berjuluk The Profesor menolak anggapan yang menyebut klubnya hanya bergantung pada kejeniusan sang meneer Belanda.

Arsenal telah kembali ke jalur kemenangan, setelah sempat terpuruk di awal musim. Robin van Persie jadi sosok paling sentral dibalik kesuksesan The Gunners meraih lima kemenangan beruntun dengan sumbangan gol demi golnya. Tak pelak, tudingan Arsenal kini mulai bergantung pada sosok RvP pun mulai nyaring terdengar.

Namun, Wenger menolak tegas pandangan tersebut. Meski tidak menampik bila RvP jadi salah satu pemain penting dalam skuadnya, namun Wenger membantah keras bila timnya hanya menggantungkan hasil pada kejeniusan seorang Robin van Persie. Menurutnya, kekuatan utama timnya tetap ada di kolektifitas tim, bukan individu.

“Robin (van Persie) tengah berada di puncak kariernya saat ini. Harapan kami dia bisa terus menjaga performanya,” tutur Wenger dikutip Tribalfootball, Sabtu (26/11/2011).

“Dia kini tengah dalam periode dimana dia menunjukkan kematangannya dalam urusan mencetak gol. Ketika Anda tidak pernah putus asa dalam berusaha mencetak gol, maka gol pun akan datang,” sambungnya mengomentari kerja keras van Persie.

“Kami tergantung kepadanya? Tentu, karena dia mencetak banyak gol dan itu selalu menjadi masalah ketika seseorang bermain dengan sangat baik,” imbuhnya.

“Meski begitu, saya percaya bahwa pemain lain seperti Gervinho, (Theo) Walcott, (Andrey) Arshavin dan (Aaron) Ramsey juga akan mencetak banyak gol. Tapi, untuk saat ini mereka masih dalam tahap perkembangan,” lanjutnya menegaskan Arsenal punya banyak pemain yang bisa diandalkan.

“Kami juga punya (Marouane) Chamakh dan Park Cu-Young, yang saya rasa punya cukup kualitas. Tapi, untuk saat ini mereka belum mendapatkan banyak kesempatan karena Robin menampilkan performa luar biasa,” kata Wenger lagi.

“Semua itu tergantung pada mereka untuk menunjukkan bahwa mereka siap diandalkan saat dibutuhkan, karena musim ini sangat panjang dan kami bermaini di banyak kompetisi. Jadi, setiap orang akan dapat kesempatan,” pungkasnya.