Yaya Toure Pemain Terbaik Afrika 2011

Momen saat Yaya Toure mengangkat trofi Piala FA pada 14 Mei 2011/Getty ImagesACCRA – Gelandang Pantai Gading dan Manchester City, Yaya Toure terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2011 pada Kamis (22/12) dengan menyisihkan gelandang Barcelona asal Mali, Seydou Keita, dan striker Marseille asal Ghana, Andre Ayew.

Performa apik Yaya Toure selama 2011 membuatnya dipilih oleh mayoritas 53 pelatih tim nasional di Afrika. Gelandang berusia 28 tahun yang di Barcelona kalah bersaing dari Sergio Busquets ini mencetak gol kemenangan City saat menang 1-0 atas Stoke City di final Piala FA 2010-11 pada Mei lalu dan di musim ini sukses membawa Citizens memuncaki Premier League.

Pemilik 58 caps ini juga membawa negaranya mencatat rekor sempurna di kualifikasi Piala Afrika. Yaya Toure pun menjadi pemain kedua Pantai Gading setelah Didier Drogba yang menjadi pemain terbaik benua hitam.

Pemain bertinggi 192 cm yang ditransfer City 24 juta pounds dari Barcelona usai Piala Dunia 2010 itu dalam pidato penghargaannya di Ghana mengucapkan terima kasih kepada keluarganya, termasuk sang kakak Kolo Toure, dan rekan-rekan setimnya di City.