Adelaide di Atas Angin

Para pemain Adelaide United merayakan gol yang dicetak Nigel Boogaard/Getty ImagesADELAIDE – Persipura Jayapura terlihat kesulitan dalam laga play-off Liga Champions Asia 2012 melawan tuan rumah Adelaide United. Persipura untuk sementara tertinggal 0-1 di babak pertama.

Gol Adelaide dicetak oleh pemain belakangnya, Nigel Boogard lewat memanfaatkan kemelut di depan gawang Pesipura yang terjadi saat sepak pojok pada menit ke-12.

Bermain di kandangnya sendiri di Stadion Hindmarsh, Kamis (16/2/2012), Adelaide United bermain dengan bola-bola pendek dari kaki ke kaki. Hingga 10 menit pertama, Adelaide tampil dominan dalam penguasaan bola meski mereka lebih banyak memainkannya di daerah pertahanan sendiri.

Persipura sendiri tidak diperkuat striker andalannya Boaz Solossa yang tengah cedera dan lebih banyak menunggu serta hanya sesekali melakukan serangan balik.

Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan saat laga berjalan 11 menit. Berawal dari sepak pojok Dario Vidosic, sundulan Evgeniy Levchenko masih bisa dihalau pemain Persipura di garis gawang tapi bola muntah berhasil disambar Boogaard. Adelaide pun unggul satu kosong.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Adelaide nyaris menambah keunggulan setelah mendapat dua peluang beruntun. Keluar menyerangnya para pemain Persipura setelah tertinggal satu gol dimanfaatkan betul oleh Adelaide. Pada menit ke-13, tendangan kaki kiri Iain Ramsay masih membentur tiang dan pada menit ke-14 tendangan Bruce Djite masih bisa ditahan Yoo Jae-Hoon.

Memasuki menit ke-15, Persipura mulai bisa mengimbangi permainan Adelaide. Dimotori oleh Beto, Persipura berkali-kali menyerang pertahanan tuan rumah. Hanya saja rapatnya lini belakang Adelaide membuat serangan Persipura selalu mentah.

Peluang pertama Persipura didapat di menit ke-29 ketika penetrasi Titus Bonai masih bisa dihalau oleh penjaga gawang Eugen Galekovic dan Ian Kabes yang menendang bola muntah dari luar kotak penalti masih tipis di atas gawang Adelaide.

Adelaide kembali mendapat peluang pada menit ke-33 saat Sergio Van Dijk berhasil memperdaya Bio Pauline dan Ian Kabes sebelum melepaskan umpan kepada Vidosic. Namun, tendangan Vidosic masih melebar ke samping kanan gawang Jae Hoon.

Hanya berselang dua menit kemudian pada menit ke-35, Adelaide kembali mendapat peluang. Namun, tendangan kaki kiri Van Dijk masih lemah dan bisa ditangkap oleh Jae Hoon.

Pada menit ke-38, sepak pojok Vidosic lagi-lagi membahayakan gawang Persipura. Namun, untungnya tendangannya yang sempat ditepis Jae Hoon masih membentur mistar gawang. Hingga babak pertama usai, Adelaide masih unggul 1-0 dan berada di atas angin.




Adelaide United (4-4-2): 1-Galekovic; 2-Malik, 6-Cassio, 3-Boogaard, 14-Watson; 18-Barbiero, 10-Vidosic, 8-Levchenko, 17-Ramsay; 11-Djite, 9-Van Dijk.
Pemain cadangan: 38-Hall, 23-Kostopoulos, 15-Melling, 26-Mavromatis, 13-Da Silva, 27-Elsey, 7-Caravella.

Persipura Jayapura (3-5-2): 1-Jae Hoon; 4-Salampessy, 12-Padwa (5-Zah Rahan 32’), 45-Bio Paulin; 13-Kabes, 44-Tjoe, 15-Pangkali, 14-Banggo, 21-Pae; 25-Tibo, 9-Beto
Pemain cadangan: 16-Sabililah, 3-Laly, 6-Wanggai, 11-Tata, 17-Pae, 18-Mandowen.