Pele: Lihat Barca, Teringat Masa Lalu

Edson Arantes 'Pele' do Nascimento (Foto: Reuters)TRÊS CORAÇõES – Terlepas dari selisih 10 poin dari seteru abadi, Real Madrid, sang legenda hidup, Pelé, tetap melihat Barcelona sebagai tim terbaik. Maestro lapangan hijau era 60 dan 70’an itu pun mengaitkan memorinya tentang masa jaya tim-tim terbaik masa lampau.

Pelé berkarier di rumput hijau di masa keemasan klubnya, Santos di Amerika Selatan, Benfica, Ajax Amsterdam dan AC Milan di Eropa. Legenda yang mengaku fans berat Blaugrana itu tak segan menyamakan Barca di era ini dengan klub-klub di atas di masa jayanya dulu.

“Barcelona di masa sekarang, sudah seperti Santos di masa saya, atau setara dengan Benfica, Ajax, AC Milan atau Real Madrid di masa jaya mereka,” kata Pelé yang dilansir Insidefutbol, Selasa (21/2/2012).

“Semua tim-tim itu selalu menjadi acuan referensi. Kesamaan di antara mereka, terdapat di era puncaknya, mereka terdiri dari para pemain yang sudah bermain bersama sejak lama,” lanjut pemain yang pernah berkarier sebagai pelayan di kedai teh tersebut.

Saking hebatnya pujian dari Pelé, bahkan Barca disebut-sebut sebagai faktor utama kesuksesan Spanyol di Eropa dan dunia, belakangan ini. Barca dianggap menyediakan talenta-talenta hebat bagi La Furia Roja di era sekarang.

“Barcelona menyediakan tulang punggung tim Spanyol. Terdapat keterkaitan langsung atnara sukses Barcelona dengan Spanyol,” lanjutnya.

“Sama seperti ketika Ajax yang hebat di masa lalu, yang berbarengan dengan tim terbaik Belanda. Begitu pun bagi Santos dan Brasil,” tuntas legenda yang pernah dituduh sebagai simpatisan komunis Brasil itu.