Statistik Setan Merah Acak-acak Amsterdam

Javier Chicharito Hernandez (biru).(foto:Getty Images)AMSTERDAM - Manchester United membawa pulang modal penting dari Amsterdam Arena setelah menumbangkan tuan rumah Ajax Amsterdam dua gol tanpa balas di leg pertama Europa League dini hari tadi. Hasil ini membuat tugas Rooney dkk di pertemuan kedua nanti di Old Trafford menjadi lebih mudah.

Meski bermain di kompetisi level dua Benua Eropa, kedua tim tidak mau bermain seadanya. Terlihat dari sejak menit pertama, baik Ajax maupun United sama-sama bermain ngotot. Namun di babak pertama, kedua tim belum juga berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan.

Keadaan baru berubah setelah turun minum. Agresifitas United di menit 59 membuahkan hasil.Adalah Ashley Young menjadi aktor yang membawa keunggulan untuk United atas tuan rumah.

Sementara Ajax yang tidak mau mengecewakan pendukungnya, bermain lebih terbuka untuk menyamakan kedudukan. Setidaknya ada dua percobaan yang mengancam gawang United, yaitu melalui aksi Aras Ozbiliz dan Eriksen, beruntung David de Gea bermain cemerlang mematahkan peluang Ajax.

Sementara Ajax selalu buntu, United lah yang berhasil mengeksploitasi kelemahan lini belakang Ajax, yang keasyikan menyerang. Akibatnya, kiper Kenneth Vermeer harus melihat jalanya dikoyak kedua kalinya oleh United yang kali ini mengirim Javier Hernandez sebagai mimpi buruk De Godenzonen. Setelah gol di menit 85 menit itu, Ajax pun tak bisa memanfaatkan waktu tersisa untuk mengejar ketinggalan, sehingga harus menelan kekalahan 0-2.


Ajax: Vermeer; Anita, Alderweireld, Vertonghen, Koppers (Boilesen 63), De Jong, Aissati, Eriksen, Ozbiliz (Lukoki 80), Bulykin (van Rhijn 60), Sulejmani.

Man Utd: De Gea; Jones, Ferdinand, Evans, Fabio Da Silva, Nani, Carrick, Cleverley (Scholes 61), Young (Valencia 76/Welbeck 86), Rooney, Hernandez.

Statistik pertandingan Ajax Amsterdam vs Manchester United
Penguasaan bola : Ajax 50-50 United
Sepak pojok: Ajax 5 – 8 United
Tendangan ke gawang: Ajax 6 -5 United
Tendangan melebar: Ajax 8 -4 United
Pelanggaran: Ajax 10 -5 United
Offsides : Ajax 0-2 United



Asisten: A Stefani,G Cariolato

Gol Manchester United: 59' A Young, 85' Javier Hernandez (assist W. Rooney)

Kartu kuning Ajax Amsterdam: T. Alderweireld 87'. S de Jong 54'
Kartu kuning Manchester United: Fabio 52'
Subtitusi Ajax Amsterdam: (D Koppers/N Boilesen 63'), (D Bulykin/ R van Rhijn 60'), (A Ozbiliz/J Lukoki 80').
Subtitusi Manchester united: (A Young/ A valencia 76'),(Nani/D Welbeck 86'), (T Cleverley/P Scholes 61')