Shockbreaker Motor

Buat para pengguna motor yang motornya sudah lebih dari 1 tahun atau sudah menempuh jarak sekitar 15.000-20.000 km, jangan lupa ganti oli sokbreker depan . Sebab pelumas ini yang mendukung kinerja shockberaker bisa jadi empuk, sehingga lebih nyaman ketika di kendarai.

Untuk mengganti Oli Shock Breaker Motor sebenarnya cukup mudah, untuk lebih jelasnya lihat langkah - langkah di bawah agar anda lebih mengerti :

1. Lepas Baut Roda 

Lepas baut roda depan dengan kunci 17 mm. Kemudian, lepas baut sepatbor bagian dalam pakai kunci ring 10 mm, dilanjutkan pada bagian shock. lalu, kendurkan baut 14 mm yang melekat di segitiga bawah


Kini, shock depan standar telah terlepas. Untuk memindahkan as shock ini, kita pakai peralatan khusus untuk melepas suling shock.

2. Lepaskan penutup shock

Lepaskan penutup shock di as dengan tekan penutup itu ke dalam, kemudian lepaskan klip pengganjal penutup shock tadi dengan congkel pakai obeng pipih (-). Setelah lepas, keluarkan per di dalam tabung dan buang oli shock.

Nah, Selesai proses ini, lanjutkan memakai alat khusus untuk melepas suling shock. Siapkan kunci L ukuran 8 Bila sudah, pakai alat tadi untuk membuka as shock dengan kunci L ukuran 8 tadi. Tahan baut yang ada di dalam shock agar tidak ikut berputar,


3. Buka baut yang ada di bawah tabung shock


Buka baut yang ada di bawah tabung shock dengan kunci L8. Cara pasangnya sama ketika membuka. Ingat! Sebelum pasang, bersihkan oli yang tersisa di suling dan as shock dengan cairan, semisalnya bensin. karena bensin bisa cepat kering alias tidak berminyak
Saat memasang, tidak perlu dengan seal baru karena pada tabung Pico sudah ada. Usai pasang suling dan as, tuang oli shock ke dalam tabung 50-60 ml (untuk matic atau bebek)

4. Pasang kembali shock

Jika sudah selesai, maka pasang kembali shock berikut sepatbor. Untuk model Pico, dudukan buat cakram perlu dibuat ulang. Jadi, kondisinya tidak tertanam di tabung, jadi musti pake baut dan mur.


Shock atau shockbreaker atau skok depan motor merupakan peredam kejut saat pengereman motor maka tugas shock breaker adalah menaham daya pantul yang di hasilkan dari belakang motor. Dan inilah volume oli shock depan motor yang akan saya sajikan.

GRAND                                       52 ML
SUPRA  X/FIT                             64 ML
KARISMA                                   68ML
KIRANA                                      70ML
VARIO                                         75ML
GL 100/ GL 125                           80ML
WIN                                             81ML
GL PRO/ MAX                            157ML
MEGA PRO                                 159ML
NEW MEGA PRO                       163ML
TIGER                                         126ML
NEW TIGER                               135ML
CS 1                                             54.5ML
BEAT                                           76ML
BLADE                                        65.5ML
NEW REVO 110                         65.5ML

YAMAHA
Vega R                                         61 ml
Vega ZR                                      67 ml
Jupiter Z                                      61 ml
Jupiter MX                                  64 ml
Vixion                                          230 ml
Scorpio spoke                             252 ml
Scorpio CW                                244 ml
RX king                                       177 ml
Mio Soul / Mio                             53 ml
New Mio                                     60 ml
Nouvo                                         63 ml

SUZUKI
Shogun 125 / F1 / Smash             51 ml
Spin / Skywive / Skydrive            55 ml
Satria F                                       103,5 ml
Thunder 125                               150 ml
Thunder 250                               250 ml

KAWASAKI
Blitz                                            52,7 ml
Kaza                                          52,3 ml
Kaze ZR                                    64 ml
Ninja 250                                   310 ml

BAJAJ
Pulsar 180                                  145 ml
Pulsar 200                                  165 ml
XCD 125                                   145 ml