Buat
para pengguna motor yang motornya sudah lebih dari 1 tahun atau sudah menempuh jarak
sekitar 15.000-20.000 km, jangan lupa ganti oli sokbreker depan . Sebab
pelumas ini yang mendukung kinerja shockberaker bisa jadi empuk, sehingga lebih
nyaman ketika di kendarai.
Untuk mengganti Oli Shock Breaker
Motor sebenarnya cukup mudah, untuk lebih jelasnya lihat langkah -
langkah di bawah agar anda lebih mengerti :
1. Lepas Baut Roda
Lepas baut roda depan dengan kunci 17 mm. Kemudian, lepas
baut sepatbor bagian dalam pakai kunci ring 10 mm, dilanjutkan pada bagian
shock. lalu, kendurkan baut 14 mm yang melekat di segitiga bawah

Kini, shock depan standar telah terlepas. Untuk memindahkan
as shock ini, kita pakai peralatan khusus untuk melepas suling shock.
2. Lepaskan penutup shock
Lepaskan penutup shock di as dengan tekan penutup itu ke dalam,
kemudian lepaskan klip pengganjal penutup shock tadi dengan congkel pakai obeng
pipih (-). Setelah lepas, keluarkan per di dalam tabung dan buang oli shock.

3. Buka baut yang ada di bawah tabung shock
Buka baut yang ada di bawah tabung shock dengan kunci
L8. Cara pasangnya sama ketika membuka. Ingat! Sebelum pasang, bersihkan
oli yang tersisa di suling dan as shock dengan cairan, semisalnya bensin.
karena bensin bisa cepat kering alias tidak berminyak
Saat memasang, tidak perlu dengan seal baru karena pada tabung Pico sudah ada.
Usai pasang suling dan as, tuang oli shock ke dalam tabung 50-60 ml (untuk
matic atau bebek)
4. Pasang kembali shock
Jika sudah selesai, maka pasang kembali shock berikut sepatbor. Untuk model
Pico, dudukan buat cakram perlu dibuat ulang. Jadi, kondisinya tidak tertanam
di tabung, jadi musti pake baut dan mur.
Shock atau shockbreaker atau skok depan motor merupakan peredam kejut saat pengereman motor maka tugas shock breaker adalah menaham daya pantul yang di hasilkan dari belakang motor. Dan inilah volume oli shock depan motor yang akan saya sajikan.
GRAND 52 ML
SUPRA X/FIT 64 ML
KARISMA 68ML
KIRANA 70ML
VARIO 75ML
GL 100/ GL 125 80ML
WIN 81ML
GL PRO/ MAX 157ML
MEGA PRO 159ML
NEW MEGA PRO 163ML
TIGER 126ML
NEW TIGER 135ML
CS 1 54.5ML
BEAT 76ML
BLADE 65.5ML
NEW REVO 110 65.5ML
YAMAHA
Vega R 61 ml
Vega ZR 67 ml
Jupiter Z 61 ml
Jupiter MX 64 ml
Vixion 230 ml
Scorpio spoke 252 ml
Scorpio CW 244 ml
RX king 177 ml
Mio Soul / Mio 53 ml
New Mio 60 ml
Nouvo 63 ml
SUZUKI
Shogun 125 / F1 / Smash 51 ml
Spin / Skywive / Skydrive 55 ml
Satria F 103,5 ml
Thunder 125 150 ml
Thunder 250 250 ml
KAWASAKI
Blitz 52,7 ml
Kaza 52,3 ml
Kaze ZR 64 ml
Ninja 250 310 ml
BAJAJ
Pulsar 180 145 ml
Pulsar 200 165 ml
XCD 125 145 ml