Shaqiri Sah Milik FC Hollywood

Xherdan Shaqiri (kedua dari kiri) meliuk-liuk di antara pemain-pemain Manchester United di Stadion St.Jakob Park/Getty ImagesMUNICH – Bayern Munich berhasil memboyong salah satu gelandang muda berbakat di Eropa. Xherdan Shaqiri yang baru berusia 20 tahun ditransfer Munich dari Basel dengan biaya yang dirahasiakan.

Shaqiri yang merupakan keturunan Albania ini telah terbang ke Jerman di awal pekan ini untuk menjalani tes medis dan dinyatakan lulus. Sebelumnya, Shaqiri yang menjalani debutnya bersama Basel pada 2009 lalu diminati juga oleh Galatasaray.

Pemain internasional Swiss itu baru akan bergabung dengan FC Hollywood di akhir musim karena jendela transfer sudah ditutup. Shaqiri diikat selama empat tahun hingga Juni 2016 mendatang.

“Kami sangat puas karena berhasil meminang salah satu talenta muda paling bersinar di Eropa dalam diri Xherdan Shaqiri,” kata Direktur Sepakbola Munich Christian Nerlinger seperti dikutip dari Goal, Kamis (9/2/2012).

Menariknya, Basel dan Munich akan saling bertarung di babak 16 besar Liga Champions yang leg pertamanya akan dimulai pada 22 Februari mendatang. Shaqiri pun bisa menujukkan kelayakan dirinya berkostum Munich dengan menyingkirkan Munich dari Liga Champions.

Selama membela Basel, Shaqiri yang dipuji karena kecepatan dan teknik menggiring bolanya telah mempersembahkan tiga trofi bagi klub berjuluk RotBlau tersebut, yakni satu Piala Swiss dan dua Piala Super Liga Swiss. Keberhasilan Basel menyingkirkan Manchester United di penyisihan grup Liga Champions musim ini juga berkat andil pria gempal bertinggi badan 170 cm tersebut.