Ferdinand: Saatnya Pelatih Inggris!

Rio Ferdinand.(foto:Daylife)MANCHESTER - Banyak pemain timnas Inggris menyayangkan mundurnya Fabio Capello.Tapi mau apalagi? Don Fabio sudah bulat-bulat mengambil keputusan dan tak mungkin lagi kembali. Sekarang waktunya untuk mengangkat pelatih baru.

Pelatih Tottenham Hotspur Harry Redknapp punya kans bersar menduduki kursi yang ditinggalkan Capello. Ayah mantan pilar Liverpool Jamie Redknapp ini sejak jauh-jauh hari memang digadang-gadang sebagai pengganti Capello, tapi nanti setelah Euro 2012. Faktanya, belum juga ajang itu kelar, Juli nanti, Capello angkat kaki. Nama Redknapp pun semakin sering disebut.

Rio Ferdinand sama seperti Wayne Rooney. Dia menganggap Redknapp adalah figure yang cocok menjadi manajer baru Inggris.”Saya kira kami butuh seorang pelatih Inggris saat ini, sehingga tidak perlu ada kendala karena bahasa, dan pilihan saya adalah Harry Redknapp,” kata Rio Ferdinand, seperti dikutip Thisislondon, Kamis (9/2/2012).

Sejak 1946, The Three Lion 12 kali berganti-ganti pelatih, namun semuanya berkebangsaan Inggris .Baru pada 2001 pelatih Swedia Sven Goran Errikson masuk dan bertahan hingga 2006 di mana kursi pelatih dialihkan ke pelatih Inggris, Steve McLaren sebelum akhirnya digantikan Capello pada 2008.

Capello memutuskan resign dari skuad The Three Lions karena merasa tersinggung dengan sikap FA yang mencopot ban kapten John Terry tanpa ada diskusi lebih dulu dengannya. Keputusan FA terhadap Terry itu terkait erat dengan aksi rasisme Terry di Premier League terhadap bek QPR Anton Ferdinand Oktober lalu.

FA rencananya akan segera menggelar konferensi pers pukul 12.00 siang waktu setempat. Kemungkinan besar, isi konferensi per situ mengenai informasi lebih jauh tentang kepergian Capello.