Usai Eliminasi Madrid, Barca Harus Juara

Pelatih Barcelona Josep Guardiola (Foto: Getty Images)BARCELONA - Pelatih Barcelona Josep ‘Pep’ Guardiola menegaskan timnya masih lapar gelar. Untuk itu, gelar juara Copa del Rey pun menjadi incaran yang harus bisa didapat.

Jalan Barca untuk menjadi kampiun Copa del Rey musim ini memang cukup terbuka. Pasalnya, Barca hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 atau kemenangan tipis atas Valencia pada leg kedua semi final di Camp Nou, Kamis (9/2/2012) dini hari nanti. Perlu diketahui, Barca sukses menahan imbang 1-1 Valencia pada leg pertama Mestalla, pekan lalu.

Jika mampu melewati hadangan Valencia, Guardiola meyakini timnya bakal keluar sebagai juara, karena hanya akan berhadapan dengan tim semenjana, Athletic Bilbao di final.

Satu hal yang membuat Guardiola sangat berambisi menggondol trofi Copa del Rey musim ini adalah, perjuangan keras yang mereka lakoni saat mengeliminasi juara bertahan, Real Madrid di perempat final. Pelatih 41 tahun ini tak ingin perjuangan keras melawan El Real berakhir sia-sia (gagal juara).

“Saya tahu, kami sudah memenangi banyak gelar. Tapi, para pemain ingin mencapai final lainnya,” tutur Guardiola sebagaimana dikutip Goal, Rabu (8/2/2012).

“Apalagi final kali ini juga akan terasa indah (karena Barca menyingkirkan Madrid). Untuk alasan inilah, pertandingan malam nanti (dini hari-red) akan jadi kunci. Tidak setiap hari anda bisa lolos ke final,” pungkas Guardiola yang kabarnya akan menandatangani kontrak baru usai duel kontra Los Che.

Ditanya soal pemain Valencia yang pantas mendapat perhatian khusus dari punggawa El Barca, Guardiola tidak menyebut nama Soldado ataupun Aritz Aduriz yang sejauh ini jadi bomber andalan Valencia. Guardiola lebih memilih menunjuk gelandang Ever Banega yang disebutnya punya kualitas untuk menghadirkan perbedaan.

“Banega merupakan pemain fantastis. Kami harus membuatnya tampil tidak efektif,” pungkasnya.(acf)