Cara Menggunakan Scanner Motor


  Scanner motor merupakan suatu alat yang di gunakan untuk menscan sepeda motor yang sudah di lengkapi dengan suatu sistem EFI (elektrik full injeksion) misalnya untuk mesin (EFI), untuk rem (ABS dan EBD), untuk bodi mobil (BCM), untuk transmisi (ECT or TCU or EGS) dan bisa juga untuk sistem AC hingga juga power steering. Scanner ini bekerja dengan cara mendapatkan data dari ECU suatu motor dan kemudian akan ditampilkan di layar scanner. Fungsi scanner motor adalah untuk mencari atau mendeteksi kerusakan pada mesin injeksi dengan cara menyecan data dari ECU unit, untuk kecepatan scan tentu jauh lebih cepat dari berfikir dengan otak manusia, karena engine scanner membaca data error yang di kirim Ecu unit dengan sangat cepat.
Cara Menggunakan Scanner Motor
Adapun cara menggunakan scanner motor sendiri bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika Anda mengikuti panduan yang tertera pada mesin scanner tersebut. Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa diikuti dalam menggunakan scanner motor:
  1. Hubungkan unit scanner dengan “socket Diagnostic Kendaraan” melalui kabel DLC dan socket adaptor yang telah di sediakan dalam paket pembelian.
  2. Setelah menghubungkan scanner melalui socket-socket adaptor tersebut, kemudian putar kunci kontak ke posisi ON.
  3. Selanutnya tekan tombol power scanner sehingga unit scanner hidup
  4. Pilih Autodiagnosis, kemudian pilih system electronic yang akan di test, misalnya Engine,  Transmisi, Rem dsb dan akhiri dengan tombol OK.
  5. Dari pemilihan deteksi system tersebut akan muncul DTC, clear DTC, Data stream dan juga Test functian. Kemudian Jalankan menu-menu tersebut sesuai dengan keperluan service yang kita kehendaki.
Bagaimana mudah bukan cara menggunakannya. Namun harus diketahui bahwa ada banyak sekali jenis scanner motor yang ada di pasaran saat ini dimana setiap jenisnya tentu memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda, demikian juga dengan cara penggunaannya. Nah bagi Anda yang tertarik untuk memilik alat yang canggih ini, Anda bisa mendapatkan di tokootomotif.com yang merupakan salah satu toko otomotif online jual scanner motor terbesar di Indonesia.